Sabtu, 09 Mei 2020

apa itu teks explanation

Pengertian Explanation Text

Explanation Text adalah jenis teks yang berisi penjelasan yang dapat memberikan jawaban akan pertanyaan mengapa suatu hal terjadi atau bagaimana proses terjadinya sesuatu. Jika disederhanakan pengertiannya, maka bisa kita bilang bahwa Explanation Text merupakan suatu teks yang berisi penjelasan yang rinci. Dari sini terbayang sudah di pikiran kita ya bahwa fokus dari sebuah Explanation Text lebih mengarah pada “Proses” dibandingkan pemaparan tentang suatu benda. Inilah yang membedakan Explanation Text dengan jenis teks lain yang memiliki kemiripan dengan nya seperti Report Text  atau Exposition Text.

Tujuan Explanation Text

Tujuan Explanation Text yaitu untuk menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan sesuatu atau kegiatan yang terkait dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya yang bertujuan menjelaskan mengapa dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi.

Jenis Explanation Text

Berkaitan dengan pengelompokkan tipe explanation text, hingga saat ini ternyata belum ada pakem nya. Namun secara umum explanation text bisa kita kelompokkan kedalam dua jenis berikut ini:
1. jenis HOW
Jenis explanation text ini berfokus pada penjelasan proses atau cara kerja sesuatu, misalnya saja seperti cara kerja telpon, cara kerja mesin kendaraan dan sebagainya. Jenis ini ternyata bisa di rinci lagi menjadi:
Mechanical explanation (How does an engine work?)
Technological explanation (How does an email work?)
System explanation (How does goverment administration work?)
Natural Explanation (How are sedimentary rocks formed?)

2. jenis WHY
Jenis explanation text ini berfokus pada penjelasan penyebab atau alasan terjadinya suatu hal, misalnya saja penjelasan tentang mengapa sebuah benda jatuh ke bawah dan sebagainya. Beberapa contoh judul atau tema yang termasuk kedalam nya misalnya:
Why do we cry when we slice shallot?
Why is the water level rising?
Why does iron go rusty?
Bagaimana anak-anak, sudah semakin paham kan ciri khas yang membedakan Explanation text dengan jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris? Saya harap sudah ya. Nah sekarang kita akan membahas  struktur teks atau generic structure dari explanation text. Silahkan disimak penjelasannya di bawah ini.

Generic Structure of Explanation Text

Terdapat tiga bagian dari Explanation Text, yaitu:
  • General Statement
Berisi tentang informasi umum mengenai topik yang akan dibahas dalam teks.
  • Explanation
Berisi serangkaian kejadian-kejadian (sequence of events) dari suatu proses yang merupakan topik dari teks. Kita juga bisa menjelaskan dengan menggunakan pertanyaan mengapa dan bagaimana, agar penjelasan yang kita sampaikan lebih komprehensif.
  • Closing
Bagian closing atau penutup bersifat pilihan atau tidak harus ada pada teks ini. Bagian ini dapat berisi informasi tambahan atau opini penulis mengenai topik yang dibahas.



Contoh Explanation Text (About Car Engine)

How Does Car Engine Work?
A car can move because it has engine. Most of cars in Indonesia use gasoline to power the engine. Have you ever imagine how does the car engine work? The car engine provides energy for the car’s movement by converting the potential energy in gasoline and oxygen into thermal energy. Then, the thermal energy is transformed into mechanical energy that allow the vehicle to accelerate. The following steps will explain the whole process happened inside a car engine.
First, gasoline and air mixture is placed into a cylinder which is fitted with a piston that can move up and down inside. After that, the piston moves up and squeezes the fuel, making it heat up. Now we have hot air and gas waiting for a little spark to light it up. The spark plug do its part on this step, producing an electric spark which makes the hot fuel and oxygen from the air explode, changing the potential energy into thermal energy in the form of expanding hot gases. The hot gases push on the piston forcing it to move up and down. These movement is converted into mechanical energy that allow the wheel to spin.

Terjemahan Contoh Explanation Text (Tentang Mesin Mobil)

Bagaimanakah Cara Kerja Mesin Mobil?
Sebuah mobil bisa bergerak karena ia memiliki mesin. Sebagian besar mobil di Indonesia menggunakan bensin untuk bahan bakar mesin nya. Pernahkah kamu membayangkan bagaimana cara kerja mesin mobil? Mesin mobil menyediakan tenaga bagi pergerakan mobil dengan mengubah energi potensial dalam bensin dan oksigen kedalam energi panas. Kemudian, energi panas itu diubah kedalam energi mekanis yang memungkinkan kendaraan itu untuk bergerak. Langkah-langkah di bawah ini akan menjelaskan keseluruhan proses yang terjadi dalam sebuah mesin mobil.
Pertama-tama, campuran bensin dan udara di tempatkan kedalam sebuah silinder yang seukuran dengan piston yang bisa bergerak ke atas dan ke bawah di dalamnya. Setelah itu, piston tersebut bergerak ke atas dan mendorong bahan bakar, membuatnya menjadi panas. Sakarang kita memiliki udara panas dan gas menunggu kilatan kecil untuk membakarnya. Busi memainkan perannya pada bagian ini, menghasilkan kilatan listrik yang membuat bahan bakar panas dan oksigen dari udara meledak, merubah energi potensial kedalam energi panas dalam bentuk gas panas yang menyebar. Gas panas ini menekan piston dan memaksanya untuk bergerak naik dan turun. Pergerakan ini diubah menjadi energi mekanis yang memungkinkan roda untuk berputar.

Contoh Explanation Text 2 (tentang metamorfosis kupu-kupu)

Butterfly Metamorphosis
            To grow into an adult, butterflies go through 4 stages: egg, larva, pupa and adult. Depending on the type of butterfly, the life cycle of a butterfly may take anywhere from one month to a whole year.
A butterfly starts life as a very small, round, oval or cylindrical egg. The egg hatches and the young one called larvae or caterpillar comes out of the egg. The caterpillar first feeds on the egg shell from which it is born. It then starts feeding on the leaves and starts to grow. Its exoskeleton (skin) does not stretch or grow, so it grows by “molting” (sheding the outgrown skin) several times while it grows. As soon as a caterpillar is done growing and it has reached its full length/weight, it forms itself into a pupa, also known as a chrysalis. The pupa remains motionless in the chrysalis. In the chrysalis, the pupa undergoes a series of changes. After about 15 days, a beautiful adult butterfly emerges out of the chrysalis. When the butterfly comes out, it’s wings are small and wet, then the butterfly pumps fluids into them to make them strong and to expand. After a few hours, the wings become strong enough and the butterfly is able to fly.
Berikut terjemahan dari contoh explanation text di atas:
Metamorfosis Kupu-Kupu
Untuk tumbuh menjadi dewasa, kupu-kupu melewati 4 tahap: telur, larva, pupa, dan dewasa. Tergantung pada jenis kupu-kupu, siklus hidup kupu-kupu bisa memakan waktu mulai dari satu bulan hingga satu tahun penuh.
Seekor kupu-kupu memulai kehidupan sebagai telur yang sangat kecil, bulat, lonjong atau silinder. Telur menetas dan dia keluar dari telur disebut larva atau ulat. Ulat pertama kali memakan cangkang telur dari mana ia dilahirkan. Kemudian mulai memakan daun dan mulai tumbuh. Exoskeleton-nya (kulit) tidak meregang atau tumbuh, jadi ia tumbuh dengan cara “molting” (mencabut kulit yang sudah terlalu besar) beberapa kali saat ia tumbuh. Begitu ulat selesai tumbuh dan telah mencapai panjang penuh/beratnya, ia membentuk dirinya sendiri menjadi pupa, juga dikenal sebagai kepompong. Pupa tetap tidak bergerak di kepompong. Di kepompong, pupa mengalami serangkaian perubahan. Setelah sekitar 15 hari, kupu-kupu dewasa yang cantik muncul dari kepompong. Ketika kupu-kupu keluar, sayapnya kecil dan basah, lalu kupu-kupu memompa cairan ke dalamnya untuk membuatnya kuat dan berkembang. Setelah beberapa jam, sayapnya menjadi cukup kuat dan kupu-kupu itu mampu terbang.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.