Senin, 04 Mei 2020

APA ITU TEKS DESKRIPTIF ?





TEKS DESKRIPSI adalah sebuah teks atau bacaan yang menggambarkan sesuatu. Fungsi bacaan ini adalah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan dengan baik tentang suatu hal, bisa berupa seseorang, hewan, benda, tempat, dll.

Kalau kalian ingin pembaca membayangkan sesuatu, Anda bisa menggunakan bacaan deskriptif untuk membayangkannya

Supaya lebih mudah mengenali teks ini, Kalian bisa memperhatikan struktur yang biasanya ada dalam bacaan tersebut, antara lain:

    1. Identifikasi     : mengidentifikasi atau mengenali sesuatu yang akan dijelaskan.
    2. Deskripsi        : menggambarkan hal tersebut berdasarkan bagian-bagiannya, kualitas, atau karakteristiknya.


Teks deskrpsi biasanya menggunakan unsur kebahasaan sebagai berikut:
  • Noun: kata benda yang spesifik, misalnya my best friend, my dog, Borobudur Temple, dan lain – lain. Selain itu, terkadang juga menggunakan kata benda yang mendapat pemberian kata sifat, misalnya an intelligent student dan a big garden.
  • Simple present tense: menggunakan kata kerja bentuk pertama (verb1) dan juga kata kerja yang dapat menggambarkan keadaan objek atau mengisyaratkan kepemilikan, misalnya my house has 2 living rooms, Sinta is beautiful, dan lain – lain.
  • Adjective: kata sifat digunakan untuk menjelaskan objek.  
  • Figurative languagemenggunakan bahasa figuratif seperti simile atau metafora sebagai cara untuk memberikan ilustrasi perbandingan, misalnya:
          My throat is as dry as a dessert (tenggorokanku sekering gurun).
         Her skin is as white as cloud and smooth as water (kulitnya seputih awan dan selembut air).

Mari kita simak contoh teks deskripsi berikut ini.

Mr BRED

Mr Bred is my English teacher in kindergarten and he teaches my class for a whole year.

Mr Bred wears square glasses and always cuts his hair short. he is very tall and very skinny. he says he doesn’t like his skinny body but doesn’t know how to gain weight either. he loves wearing sneakers to school, always wears polo shirt and a pair of black pants. he has not married yet and doens’t have any children on her own. he says that’s why he teaches kindergarten, so that he can be near a lot of kids.

He is very smart and a very fun teacher. he teaches us a lot of things from animals to house equipments. he loves to play with us, teaches us new words, how to spell the words that we just learn, and sometimes he brings his Qur'an to the class and recite us short surahs.

Bacaan di atas merupakan deskripsi seorang murid akan gurunya yang bernama Mr Bred. Bila kita uraikan berdasarkan struktur descriptive text, maka:



Mr Bred
IdentifikasiPak Bred adalah guru bahasa Inggris saya di taman kanak-kanak dan ia mengajar kelas saya selama sepanjang tahun.
DeskripsiPak Bred mengenakan kacamata kotak dan selalu memotong pendek rambutnya. Ia amat tinggi dan amat kurus. Ia bilang bahwa ia tidak suka dengan tubuh kurusnya tapi ia juga tidak tahu bagaimana cara untuk bertambah gemuk. Ia suka memakai sepatu kets ke sekolah, selalu mengenakan baju polo dan sepasang celana panjang hitam. Ia belum menikah dan tidak memiliki anak. Ia bilang itulah yang membuat mengajar taman kanak-kanak, agar ia bisa dekat dengan anak kecil.
Ia adalah guru yang amat pintar dan menyenangkan. Ia mengajari kami banyak hal mulai dari hewan hingga peralatan rumah. Ia suka bermain dengan kami, mengajari kami hal-hal baru, bagaimana mengeja kata-kata yang baru kami pelajari, dan ia kadang membawa Qur'annya ke kelas dan membacakan surat surat pendek  untuk kami.


Teks di atas merupakan salah satu contoh teks deskripsi mengenai orang, tetapi harap diingat bahwa teks ini tidak hanya digunakan untuk menggambarkan orang akan tetapi teks ini bisa digunakan untuk menggambarkan semua hal yang ada di muka bumi ini, seperti halnya : hewan, tempat, makanan, keadaan, perasaan, kematian, dan lain sebagainya.



Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.